Agar Anak Berselancar Dengan Tenang di Dunia Maya



Jakarta, Dunia maya selalu menarik untuk dijelajahi, bahkan terkadang lebih menarik dari dunia nyata. Internet menyediakan hampir semua yang dibutuhkan orang, mulai dari informasi, jual beli, media sosialisasi hingga pornografi. Pada anak-anak, jelas internet tidak selamanya aman. Ada batasan yang harus ditetapkan orangtua agar anak tidak terjerumus dalam hal yang tidak diinginkan.

Penggunaan internet selalu disertai dengan risiko. Banyak kasus penculikan atau pelecehan seksual pada anak-anak yang dilakukan oleh orang yang baru dikenal lewat Facebook. Selain itu, ancamancyberbullying dari teman sebaya di sekolah juga perlu diwaspadai. Belum lagi pornografi yang makin mudah diakses lewat internet.

Orangtua tidak bisa selamanya memantau aktifitas anak, apalagi mengawasi kegiatannya di dunia maya. Maka, beberapa tips yang dilansir USNews.com, Selasa (26/6/2012) berikut mungkin dapat membantu orangtua melindungi dan mendukung aktivitas online anak-anaknya.

1. Bicarakan dengan anak
Salah satu cara terbaik adalah membicarakan tentang tata caraonline yang aman bersama anak-anak sejak dini dan berulang-ulang. Prakteknya, tanyakan anak-anak situs apa saja yang sedang disukai. Ajarkan kepada anak-anak tentang bahaya meng-klik tautan sembarangan atau membagi terlalu banyak informasi di situsonline.

Jika menemukan perilaku kurang pantas yang dilakukan oleh anak, tetap tenang dan tanyakan mengapa ia melakukannya. Ada kalanya diperlukan sanksi, misalnya tidak boleh online selama 1 - 2 hari.

2. Amankan software
Pastikan untuk selalu meng-update sistem keamanan komputer atau peralatan lain agar terhindar dari ancaman virus, malware dan ancaman online lainnya. Gunakan software yang meng-updatesecara otomatis serta amankan perangkat lain yang terhubung ke Internet dan komputer.

Perkuat keamanan lewat kontrol orangtua dengan cara memasang filter pada mesin pencari di internet untuk mencegah anak-anak mengakses situs-situs berbahaya. Pantau aktivitas online anak dengan mengecek situs apa saja yang telah dijelajahi dengan meng-klik tombol history.

3. Tetapkan aturan
Aturan yang jelas perlu diberlakukan kepada anak. Misalnya, jumlah waktu yang diperbolehkan untuk menggunakan Internet. Berselancar di dunia maya jangan sampai menyita waktu dan perhatian mengalahkan kegiatan lain yang lebih penting seperti menggarap PR, bermain di luar atau menghabiskan waktu bersama keluarga.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan orangtua untuk membatasi waktu anak yang berusia di atas 2 tahun melihat layar TV atau komputer tidak lebih dari 1 - 2 jam sehari.

4. Orangtua juga harus online
Akrabi dunia anak-anak dengan cara berteman di Facebook atau sering mengunjungi situs favoritnya. Lihat juga teman-teman yang sering berinteraksi untuk melihat seberapa besar pengaruh pergaulannya bagi perkembangan anak. Yang perlu digaris bawahi, tetap pantau kegiatan online anak namun berikan privasi untuk beraktifitas agar si kecil tidak merasa terganggu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANALISIS KESESUAIAN ANTARA SILABUS DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) SMK BOPKRI 1 YOGYAKARATA DENGAN BAHAN AJAR ( BUKU TEKS ) “MEMPROSES PERJALANAN BISNIS”


ANALISIS KESESUAIAN ANTARA SILABUS DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) SMK BOPKRI 1 YOGYAKARATA DENGAN BAHAN AJAR ( BUKU TEKS ) MEMPROSES PERJALANAN BISNIS

A.    Deskripsi Umum Modul, Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
Secara umum materi pembelajaran adalah segala materi atau bahan ajar yang digunakan seorang guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dikelas. Secara terperinci, materi pembelajaran terdiri dari pengetahuan (fakta, konsep, prinsip, prosedur), keterampilan, dan sikap atau nilai yang disusun secara sistematis yang digunakan oleh seorang guru dan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar.
Bahan ajar sendiri termuat dalam  Silabus dan RPP. Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar. 
Sementara Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RP) atau rancangan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang akan direalisasikan didalam kelas dan merupakan penjabaran lebih rinci dari silabus (penjabaran skenario pembelajaran, wujud media, wujud alat penilaian yang sudah disiap gunakan). Silabus dan RPP saling berkaitan erat karena pembuatan silabus akan digunakan sebagai acuan dalam pembuatan pelaksanaan pembelajaran.
RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar. Setiap satuan pendidikan berkewajiban untuk menyusun rencana pembelajaran secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung seara interaktif, inspiraktif, menyenangkan, menantang dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis para peserta didik.
  Berikut adalah deskripsi mengenai buku teks Modul Memproses Perjalanan Bisnis yang digunakan SMK BOPKRI I Yogyakarta. Buku Teks Modul Memproses Perjalanan Bisnis karya Dra. Eni Pujiasri  yang  terdiri dari 2 Kompetensi Dasar,yaitu :
1.      Mendeskripsikan Perjalanan Bisnis.
2.      Melaksanakan Penanganan Perjalanan Bisnis
Selain itu SMK BOPKRI I Yogyakarta juga menggunkan Modul Pendukung lainnya yaitu modul Mengatur Perjalanan Dinas Pemimpin karya Drs. Sutrisno dan Dra. Liyah Tjarlijasih. Serta modul karya Dwi Finaria yang berjudul Memproses Perjalanan Bisnis.
Mata pelajaran memproses perjalanan bisnis merupakan mata pelajaran yang membahas mengenai perencanaan perjalanan bisnis, mengatur perjalanan bisnis, melaksankan penanganan perjalanan bisnis dan membuat laporan perjalanan bisnis. Kemampuan dalam mengatur perjalanan bisnis sangatlah penting bagi seorang siswa Administrasi Perkantoran yang nantinya diharapkan terjun ke dunia kerja pada suatu organisasi atau instansi pemerintahan/ swasta. Oleh karena itu agar tujuan perjalanan bisnis/ dinas pimpinan dapat tercapai sebagaimana yang diinginkan maka pengelolaan kegiatan perjalanan bisnis/dinas pimpinan harus ditangani secara profesional oleh seorang sekretaris yang profesional pula.
Tabel 1. Standar Kompetensi Modul Memproses Perjalanan Bisnis
No.
Komptensi Dasar
Materi Pembelajaran
1.       
Mendeskripsikan Perjalanan Bisnis
·      Pengertian Perjalanan Bisnis.
·      Tujuan Perjalanan Bisnis
·      Macam-macam Perjalanan Bisnis.
2.       
Melaksanakan Penanganan Perjalanan Bisnis
·      Rencana Perjalanan Bisnis dalam dan luar negeri diidentifikasikan dengan benar.
·      Persiapan perjalanan bisnis dapat ditangani dengan baik dan benar.
·      Jadwal perjalanan bisnis disusun dengan baik dan benar.
·      Laporan perjalanan.

Setelah mengetahui Kompetensi Dasar yang ada pada buku teks memproses perjalanan bisnis, selanjutnya berikut ini gambaran Silabus dan RPP yang dimiliki oleh SMK BOPKRI 1 YOGYAKARTA standar kompetensi Memproses Perjalanan Bisnis.

SILABUS
Nama Sekolah             : SMK BOPKRI 1 YOGYAKARTA
Program Keahlian       : Administrasi Perkantoran
Kelas/Semester            : XI/4
Standar Kompetensi   : Memproses Perjalanan Bisnis
Kode Kompetensi       : 118.KK.(3.2.9.)
Durasi Pembelajaran   : 30(50) x 45
Tabel 2. Standar Kompetensi Silabus
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
·   Mendeskripsikan Perjalanan Bisnis
·         Perjalanan bisnis didiskripsikan secara benar.
·         Macam-macam perjalanan bisnis diidentifikasikan secara tepat .
·         Pengertian perjalanan bisnis
·         Macam-macam perjalanan bisnis ditinjau dari kepentingannya, lingkup wilayah, jangka waktu.
·         Pembelajaran class room teacher learning, materi pengertian perjalanan bisnis, macam-macam perjalanan bisnis
·         Diskusi tentang macam-macam perjalanan bisnis.
·   Melaksanakan Penanganan Perjalanan Bisnis
·         Rencana perjalanan bisnis dalam dan luar negeri diidentifikasi dengan benar
·         Persiapan perjalanan bisnis dapat ditangani dengan baik dan benar.
·         Jadwal perjalanan bisnis disusun dengan baik dan benar
·         Laporan perjalanan bisnis dibuat dengan benar.
·         Persiapan perjalanan bisnis antara lain: transportasi, akomodasi, keuangan, dokumen perjalanan.
·         Menyusun jadwal perjalanan dan acara kegiatan.
·         Laporan perjalanan bisnis.
·      Pembelajaran class room teacher learning, materi persiapan perjalanan bisnis, macam-macam dokumen perjalanan, jadwal perjalanan, laporan perjalanan.
·      Mengidentifikasi keperluan-keperluan untuk perjalanan, dokumen-dokumen perjalanan dan faktor pendukung untuk pertemuan.
·      Praktek mencari informasi yang terkait dengan transportasi dan akomodasi dari travel agent, penginapan dan media massa.
·      Praktek menyusun jadwal perjalanan bisnis.
·      Menyiapkan dokumen pendukung jadwal perjalanan.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SMK BOPKRI 1 YOGYAKARTA
Mata pelajaran             : kompetensi kejuruan
Kelas/Semester            : XI/4
Tahun ajaran                : 2010/2011
Alokasi waktu             : 6x 45 menit

Tabel 3: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Materi Pembelajaran
Memproses perjalanan bisnis
118 KK (3.2.9.) mendeskripsikan perjalanan bisnis
·       9.1.1 perjalanan bisnis didiskripsikan secara benar (disiplin)
·       9.1.2 macam-macam perjalanan bisnis diidentifikasi secara tepat (tanggungjawab)
·       Pembelajaran class room teacher learning, materi pengertian perjalanan bisnis, macam-macam perjalanan bisnis
·       Diskusi tentang macam-macam perjalanan bisnis.
·   Pengertian perjalanan bisnis
·   Macam-macam perjalanan bisnis ditinjau dari kepentingannya, lingkup wilayah, jangka waktu.

Memproses perjalanan bisnis
118. KK (3.2.9.) melaksanakan penanganan perjalanan bisnis
·         9.2.1 Rencana perjalanan bisnis dalam dan luar negeri diidentifikasi dengan benar
·         9.2.2 Persiapan perjalanan bisnis dapat ditangani dengan baik dan benar.
·         9.2.3.Jadwal perjalanan bisnis disusun dengan baik dan benar
·         9.2.4 Laporan perjalanan bisnis dibuat dengan benar.
·      Pembelajaran class room teacher learning, materi persiapan perjalanan bisnis, macam-macam dokumen perjalanan, jadwal perjalanan, laporan perjalanan.
·      Mengidentifikasi keperluan-keperluan untuk perjalanan, dokumen-dokumen perjalanan dan faktor pendukung untuk pertemuan.
·      Praktek mencari informasi yang terkait dengan transportasi dan akomodasi dari travel agent, penginapan dan media massa.
·      Praktek menyusun jadwal perjalanan bisnis.
Menyiapkan dokumen pendukung jadwal perjalanan.
·         Persiapan perjalanan bisnis antara lain: transportasi, akomodasi, keuangan, dokumen perjalanan.
·         Menyusun jadwal perjalanan dan acara kegiatan.
·         Laporan perjalanan bisnis

B.       ANALISIS
1.      PERBANDINGAN ANTARA SILABUS DENGAN BUKU TEKS
Setelah diketahui kompetensi dasar Modul dan silabus, maka berikut adalah perbandingan-perbandingan antara silabus dengan modul:
a.      Mata pelajaran
Dalam silabus milik SMK BOPKRI 1 YOGYAKARTA, Memproses Perjalanan Bisnis masuk dalam mata pelajaran Memproses Perjalanan Bisnis
b.      Kompetensi Dasar
Berikut ini adalah perbandingan antara modul dengan silabus
Kompetensi Dasar
Silabus
Buku Teks
Memiliki dua kompetensi dasar yakni:
1.    Mendeskripsikan Perjalanan Bisnis.
2.    Melaksanakan Penanganan Perjalanan Bisnis

Modul ini memiliki dua  kompetensi dasar :
1.    Mendeskripsikan Perjalanan Bisnis.
2.    Melaksanakan Penanganan Perjalanan Bisnis


Maka dapat dilihat dari tabel diatas, bahwa jelas terlihat antara silabus dan buku teks memiliki kompetensi dasar yang sama sehingga modul Memproses perjalanan bisnis sudah memenuhi kompetensi dasar  silabus. Hal ini menunjukkan bahwa buku teks sudah memenuhi struktur berdasarkan kebutuhan peserta didik dan kompetensi akhir yang akan dicapai.
c.       Materi Pembelajaran
Berikut ini perbandingan materi pembelajaran yang ada di silabus dengan modul:

Materi Pembelajaran
Silabus
Buku teks
Bab I Mendeskripsikan Perjalanan Bisnis
·         Pengertian perjalanan bisnis
·         Macam-macam perjalanan bisnis ditinjau dari kepentingannya, lingkup wilayah, jangka waktu.
Bab I Mendeskripsikan Perjalanan Bisnis
·      Pengertian Perjalanan Bisnis.
·      Tujuan Perjalanan Bisnis
·         Macam-macam Perjalanan Bisnis.
Bab II Melaksanakan Penanganan Perjalanan Bisnis
·         Persiapan perjalanan bisnis antara lain: transportasi, akomodasi, keuangan, dokumen perjalanan.
·         Menyusun jadwal perjalanan dan acara kegiatan.
·         Laporan perjalanan bisnis
Bab II Melaksanakan Penanganan Perjalanan Bisnis
·      Rencana Perjalanan Bisnis dalam dan luar negeri diidentifikasikan dengan benar.
·      Persiapan perjalanan bisnis dapat ditangani dengan baik dan benar.
·      Jadwal perjalanan bisnis disusun dengan baik dan benar.
·         Laporan perjalanan

   Dalam silabus diterangkan mengenai BAB I Mendeskripsikan perjalanan Bisnis yang materi pembelajarannya tentang pengertian perjalanan bisnis sudah sesuai dengan silabus artinya pembuatan modul sudah sesuai dengan silabus, selanjutnya materi mengenai macam-macam perjalanan bisnis ditinjau dari kepentingannya, lingkup wilayah, dan jangka waktu juga sudah sesuai dengan modul yang ada. Menurut analisis saya semua materi pembelajaran yang ada pada silabus sudah tercantum pada materi pembelajaran yang ada pada buku teks hanya saja pada sub bab materi pada silabus tidak dijelaskan mengenai tujuan perjalanan bisnis. Menurut saya seharusnya pada sub bab materi mengenai tujuan perjalanan bisnis tetap di cantumkan dan dibahas  pada silabus. Karena materi tersebut bisa memberikan pengetahuan yang berarti bagi siswa jurusan administrasi perkantoran, tujuan dari perjalanan bisnis yang dilakukan oleh seorang pimpinan itu seperti apa. Maka dapat disimpulkan bahwa pada Bab I Memproses Perjalanan Bisnis materinya sudah sesuai karena sudah mencangkup semua materi yang ada pada silabus.
     Materi pembelajaran pada Bab II adalah Melaksanakan Penanganan Perjalanan Bisnis sudah sesuai dengan kompetensi dasar yang dimiliki oleh modul. Materi pembelajaran dalam silabus meliputi Persiapan perjalanan bisnis antara lain: transportasi, akomodasi, keuangan, dokumen perjalanan sudah terdapat dalam modul artinya pembuatan modul sudah sesuai dengan silabus, kemudian materi kedua menyusun jadwal perjalanan dan acara kegiatan juga sudah terdapat didalam modul dan materi terakhir pada silabus yaitu Laporan perjalanan bisnis juga sudah sesuai dengan modul hanya saja didalam modul materi hanya dituliskan dengan kalimat laporan perjalanan tetapi isi materinya sama. Didalam modul juga diberi tambahan mengenai materi Rencana Perjalanan Bisnis dalam dan luar negeri diidentifikasikan dengan benar. Artinya tambahan materi tersebut bagi pembuat modul menginginkan agar para peserta didik memiliki pengetahuan yang lebih luas lagi mengenai materi pembelajaran melaksankan penangan perjalanan bisnis.
     Dapat disimpulkan bahwa dari semua materi yang dipaparkan dengan menggunakan bahan ajar modul Memproses Perjalanan Bisnis karya Dra. Eny Pujiasri, sudah mengikuti pedoman silabus yang telah diberikan hanya saja ada beberapa materi tambahan pada modul yang tidak dicantumkan pada silabus yang menurut saya bisa memberikan pengetahuan yang berarti bagi siswa jurusan administrasi perkantoran. Akan tetapi semua materi yang ada pada silabus sudah tercantum dalam modul sehingga materi pembelajaran tersebut sudah sesuai dengan materi pembelajaran yang dibutuhkan oleh peserta didik SMK Bisnis dan Manajemen, bidang keahlian Administrasi Perkantoran.
2.      PERBANDINGAN ANTARA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  ( RPP ) DENGAN BUKU TEKS

a.    Kompetensi Dasar
Berikut Adalah Perbandingan Antara Buku Teks Dengan RPP
Kompetensi Dasar
RPP
Buku Teks
RPP ini memiliki dua kompetensi dasar yaitu:
1.    118 KK (3.2.9.) mendeskripsikan perjalanan bisnis
2.    118. KK (3.2.9.) melaksanakan penanganan perjalanan bisnis
Modul ini memiliki dua  kompetensi dasar :
1.    Mendeskripsikan Perjalanan Bisnis.
2.    Melaksanakan Penanganan Perjalanan Bisnis


Maka dapat dilihat dari tabel diatas, bahwa jelas terlihat antara RPP dan buku teks memiliki kompetensi dasar yang sama sehingga modul Memproses perjalanan bisnis sudah memenuhi kompetensi dasar  pada RPP. Hal ini menunjukkan bahwa buku teks sudah memenuhi struktur berdasarkan kebutuhan peserta didik dan kompetensi akhir yang akan dicapai.
b.      Materi Pembelajaran
Berikut ini perbandingan materi pembelajaran yang ada di RPP dengan modul:

Materi Pembelajaran
RPP
Buku teks
Bab I Mendeskripsikan Perjalanan Bisnis
·           Pengertian perjalanan bisnis
·           Macam-macam perjalanan bisnis ditinjau dari kepentingannya, lingkup wilayah, jangka waktu.
Bab I Mendeskripsikan Perjalanan Bisnis
·      Pengertian Perjalanan Bisnis.
·      Tujuan Perjalanan Bisnis
·      Macam-macam Perjalanan Bisnis.
Bab II Melaksanakan Penanganan Perjalanan Bisnis
·           Persiapan perjalanan bisnis antara lain: transportasi, akomodasi, keuangan, dokumen perjalanan.
·           Menyusun jadwal perjalanan dan acara kegiatan.
·           Laporan perjalanan bisnis
Bab II Melaksanakan Penanganan Perjalanan Bisnis
·      Rencana Perjalanan Bisnis dalam dan luar negeri diidentifikasikan dengan benar.
·      Persiapan perjalanan bisnis dapat ditangani dengan baik dan benar.
·      Jadwal perjalanan bisnis disusun dengan baik dan benar.
·      Laporan perjalanan

Dalam RPP diterangkan mengenai BAB I Mendeskripsikan perjalanan Bisnis yang materi pembelajarannya tentang pengertian perjalanan bisnis sudah sesuai dengan RPP artinya pembuatan modul sudah sesuai dengan RPP, selanjutnya materi mengenai macam-macam perjalanan bisnis ditinjau dari kepentingannya, lingkup wilayah, dan jangka waktu juga sudah sesuai dengan modul yang ada. Menurut analisis saya semua materi pembelajaran yang ada pada RPP sudah tercantum pada materi pembelajaran yang ada pada buku teks hanya saja pada sub bab materi pada RPP tidak dijelaskan mengenai tujuan perjalanan bisnis. Menurut saya seharusnya pada sub bab materi mengenai tujuan perjalanan bisnis tetap di cantumkan dan dibahas  pada RPP. Karena materi tersebut bisa memberikan pengetahuan yang berarti bagi siswa jurusan administrasi perkantoran, tujuan dari perjalanan bisnis yang dilakukan oleh seorang pimpinan itu seperti apa. Maka dapat disimpulkan bahwa pada Bab I Memproses Perjalanan Bisnis materinya sudah sesuai karena sudah mencangkup semua materi yang ada pada RPP.
Materi pembelajaran pada Bab II adalah Melaksanakan Penanganan Perjalanan Bisnis sudah sesuai dengan kompetensi dasar yang dimiliki oleh modul. Materi pembelajaran dalam RPP meliputi Persiapan perjalanan bisnis antara lain: transportasi, akomodasi, keuangan, dokumen perjalanan sudah terdapat dalam modul artinya pembuatan modul sudah sesuai dengan RPP, kemudian materi kedua menyusun jadwal perjalanan dan acara kegiatan juga sudah terdapat didalam modul dan selanjutnya materi terakhir pada RPP yaitu Laporan perjalanan bisnis juga sudah sesuai dengan modul hanya saja didalam modul materi hanya dituliskan dengan kalimat laporan perjalanan tetapi isi materinya sama. Didalam modul juga diberi tambahan mengenai materi Rencana Perjalanan Bisnis dalam dan luar negeri diidentifikasikan dengan benar. Artinya tambahan materi tersebut bagi pembuat modul menginginkan agar para peserta didik memiliki pengetahuan yang lebih luas lagi mengenai materi pembelajaran melaksankan penangan perjalanan bisnis.
Dapat disimpulkan bahwa dari semua materi yang dipaparkan dengan menggunakan bahan ajar modul Memproses Perjalanan Bisnis karya Dra. Eny Pujiasri, sudah mengikuti pedoman RPP yang telah diberikan hanya saja ada beberapa materi tambahan pada modul yang tidak dicantumkan pada RPP yang menurut saya bisa memberikan pengetahuan yang berarti bagi siswa jurusan administrasi perkantoran. Akan tetapi semua materi yang ada pada RPP sudah tercantum dalam modul sehingga materi pembelajaran tersebut sudah sesuai dengan materi pembelajaran yang dibutuhkan oleh peserta didik SMK Bisnis dan Manajemen, bidang keahlian Administrasi Perkantoran. Artinya bahwa RPP yang dibuat memang disusun sesuai dengan silabus dan Buku teks yang ada.
                                                                               



3.      PERBANDINGAN ANTARA SILABUS, RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )  DENGAN BUKU TEKS
a.      Mata pelajaran
Dalam silabus dan RPP milik SMK BOPKRI 1 YOGYAKARTA, Memproses Perjalanan Bisnis masuk dalam mata pelajaran Memproses Perjalanan Bisnis
b.      Kompetensi Dasar
Berikut ini adalah perbandingan antara silabus, RPP dan Buku Modul 
Kompetensi Dasar
Silabus
RPP
Buku Teks
Memiliki dua kompetensi dasar yakni:
1.    Mendeskripsikan Perjalanan Bisnis.
2.    Melaksanakan Penanganan Perjalanan Bisnis

RPP ini memiliki dua kompetensi dasar yaitu:
1.        118 KK (3.2.9.) mendeskripsikann perjalanan bisnis
2.        118. KK (3.2.9.) melaksanakan penanganan perjalanan bisnis
Modul ini memiliki dua  kompetensi dasar :
a.   Mendeskripsikan Perjalanan Bisnis.
b.    Melaksanakan Penanganan Perjalanan Bisnis


Maka dapat dilihat dari tabel diatas, bahwa jelas terlihat antara silabus, RPP dan modul memiliki kompetensi dasar yang sama sehingga modul Memproses perjalanan bisnis sudah memenuhi kompetensi dasar  silabus dan RPP. Hal ini menunjukkan bahwa buku teks sudah memenuhi struktur berdasarkan kebutuhan peserta didik dan kompetensi akhir yang akan dicapai.
c.       Materi Pembelajaran
Berikut ini perbandingan materi pembelajaran antara silabus, RPP dengan buku teks
Materi Pembelajaran
Silabus
RPP
Buku teks
Bab I Mendeskripsikan Perjalanan Bisnis
·      Pengertian perjalanan bisnis
·      Macam-macam perjalanan bisnis ditinjau dari kepentingannya, lingkup wilayah, jangka waktu.

Bab I Mendeskripsikan Perjalanan Bisnis
·      Pengertian perjalanan bisnis
·      Macam-macam perjalanan bisnis ditinjau dari kepentingannya, lingkup wilayah, jangka waktu.

Bab I Mendeskripsikan Perjalanan Bisnis
·      Pengertian Perjalanan Bisnis.
·      Tujuan Perjalanan Bisnis
·      Macam-macam Perjalanan Bisnis.
Bab II Melaksanakan Penanganan Perjalanan Bisnis
·      Persiapan perjalanan bisnis antara lain: transportasi, akomodasi, keuangan, dokumen perjalanan.
·      Menyusun jadwal perjalanan dan acara kegiatan.
·      Laporan perjalanan bisnis
Bab II Melaksanakan Penanganan Perjalanan Bisnis
·      Persiapan perjalanan bisnis antara lain: transportasi, akomodasi, keuangan, dokumen perjalanan.
·      Menyusun jadwal perjalanan dan acara kegiatan.
·      Laporan perjalanan bisnis
Bab II Melaksanakan Penanganan Perjalanan Bisnis
·       Rencana Perjalanan Bisnis dalam dan luar negeri diidentifikasikan dengan benar.
·       Persiapan perjalanan bisnis dapat ditangani dengan baik dan benar.
·       Jadwal perjalanan bisnis disusun dengan baik dan benar.
·       Laporan perjalanan

Di dalam RPP dan silabus diterangkan mengenai BAB I Mendeskripsikan perjalanan Bisnis yang materi pembelajarannya tentang pengertian perjalanan bisnis sudah sesuai dengan Modul  artinya pembuatan modul sudah sesuai dengan RPP dan Silabus, selanjutnya materi mengenai macam-macam perjalanan bisnis ditinjau dari kepentingannya, lingkup wilayah, dan jangka waktu juga sudah sesuai dengan modul yang ada. Menurut analisis saya semua materi pembelajaran yang ada pada RPP dan Silabus sudah tercantum pada materi pembelajaran yang ada pada buku teks hanya saja pada sub bab materi pada silabus tidak jelaskan mengenai tujuan perjalanan bisnis.
Menurut saya seharusnya pada sub bab materi mengenai tujuan perjalanan bisnis tetap di cantumkan dan dibahas  pada RPP dan Silabus. Karena materi tersebut bisa memberikan pengetahuan yang berarti bagi siswa jurusan administrasi perkantoran, tujuan dari perjalanan bisnis yang dilakukan oleh seorang pimpinan itu seperti apa. Maka dapat disimpulkan bahwa pada Bab I Memproses Perjalanan Bisnis materinya sudah sesuai karena sudah mencangkup semua materi yang ada pada RPP dan Silabus. Disini materi pembelajaran antara silabus dengan RPP sama persis. Ini membuktikan bahwa RPP memang disusun sesuai dengan silabus dan disesuaikan pula dengan modul yang ada.
Materi pembelajaran pada Bab II adalah Melaksanakan Penanganan Perjalanan Bisnis sudah sesuai dengan kompetensi dasar yang dimiliki oleh modul. Materi pembelajaran dalam RPP dan silabus meliputi Persiapan perjalanan bisnis antara lain: transportasi, akomodasi, keuangan, dokumen perjalanan sudah terdapat dalam modul artinya pembuatan modul sudah sesuai dengan RPP dan Silabus, kemudian materi kedua menyusun jadwal perjalanan dan acara kegiatan juga sudah terdapat didalam modul dan selanjutnya materi terakhir pada RPP dan silabus yaitu Laporan perjalanan bisnis juga sudah sesuai dengan modul hanya saja didalam modul materi hanya dituliskan dengan kalimat laporan perjalanan tetapi isi materinya sama. Didalam modul juga diberi tambahan mengenai materi Rencana Perjalanan Bisnis dalam dan luar negeri diidentifikasikan dengan benar. Artinya tambahan materi tersebut bagi pembuat modul menginginkan agar para peserta didik memiliki pengetahuan yang lebih luas lagi mengenai materi pembelajaran melaksankan penangan perjalanan bisnis.
Dapat disimpulkan bahwa dari semua materi yang dipaparkan dengan menggunakan bahan ajar modul Memproses Perjalanan Bisnis, sudah mengikuti pedoman RPP dan Silabus yang telah diberikan hanya saja ada beberapa materi tambahan pada modul yang tidak dicantumkan pada RPP dan Silabus yang menurut saya bisa memberikan pengetahuan yang berarti bagi siswa jurusan administrasi perkantoran. Akan tetapi semua materi yang ada pada RPP dan Silabus sudah tercantum dalam modul sehingga materi pembelajaran tersebut sudah sesuai dengan materi pembelajaran yang dibutuhkan oleh peserta didik SMK Bisnis dan Manajemen, bidang keahlian Administrasi Perkantoran. Artinya bahwa RPP yang dibuat memang disusun sesuai dengan silabus dan Buku teks yang ada.


C.      KESIMPULAN
Dari keseluruhan analisis di atas setelah membandingkan antara silabus, RPP dengan Modul secara keseluruhan, buku teks yang digunakan oleh SMK BOPKRI I Yogyakarta sudah sesuai dengan materi pembelajaran yang disusun dalam RPP dan Silabus sehingga menurut saya modul Memproses Perjalanan Bisnis karya Dra. Eni Pujiasari dirasa sudah cukup layak untuk digunakan sebagai buku pegangan untuk mengajar di SMK BOPKRI I Yogyakarta Karena semua materi yang ada pada RPP dan Silabus sudah tercantum dalam modul sehingga materi pembelajaran tersebut sudah sesuai dengan materi pembelajaran yang dibutuhkan oleh peserta didik SMK Bisnis dan Manajemen, bidang keahlian Administrasi Perkantoran.
 Kemudian antara silabus dengan RPP terdapat kesamaan isi baik dari Kompetensi Dasar, Indikator, dan Materi Pembelajaran, hal ini membuktikan bahwa RPP yang dibuat SMK BOPKRI I Yogyakarta sudah mengacu pada Silabus yang ada.
Akan tetapi sayangnya pencantuman sumber belajar pada RPP standar kompetensi Memproses Perjalanan Bisnis tidak sesuai dengan apa yang digunakan guru dan peserta didik dalam mata pelajaran ini, baik buku maupun modul yang digunakan. Di RPP disebutkan SMK BOPKRI I menggunakan buku teks karya Dra. Cut Rozana, Dra. Sartono, Drs. Siti Apipah yang berjudul Administrasi Kantor Manajemen Ketatausahaan Kantor, Buku I akan tetapi kenyataannya buku teks  yang digunakan adalah karya Dra. Eny Pujiasri yang berjudul memproses perjalanan bisnis. Dan Modul pendukung lainnya yaitu modul Mengatur Perjalanan Dinas Pemimpin karya Drs. Sutrisno dan Dra. Liyah Tjarlijasih. Serta modul karya Dwi Finaria yang berjudul Memproses Perjalanan Bisnis.

                                                              
                                                                     




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS