RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mengoperasikan Aplikasi Pengolahan Bahan Presentasi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 2 Tanjungpandan
Mata Pelajaran            : Komputer II
Kelas/ Semester           : XII/ Ganjil
Pertemuan ke-             : 1-2
Alokasi waktu             : 4 x45 menit

Standar Kompetensi :
1.      Mengoperasikan Aplikasi Pengolahan Bahan Presentasi
Kompetensi Dasar     :
1.      Pengantar   dan Pengaplikasian MS Office PowerPoint  2007
Indikator                    :
1.      Siswa mampu mendiskripsikan pengertian presentasi dan PowerPoint
2.      Siswa mampu mengetahui elemen dasar jendela kerja MS Office PowerPoint  2007
3.      Siswa mampu mengetahui cara mengoperasikan MS Office PowerPoint  2007
4.      Siswa mampu mengetahui cara menutup MS Office PowerPoint  2007
Pembentukan Karakter : Percaya diri, Mandiri ,Kerja keras,  Tanggung Jawab
A.      Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui kegiatan praktik peserta didik mampu mengoperasikan Aplikasi Pengolahan Bahan Presentasi.
B.       Materi Pembelajaran
a.       Pengertian PowerPoint dan presentasi
b.      Elemen dasar jendela kerja MS Office PowerPoint  2007
c.       Cara pengoperasian MS Office PowerPoint  2007
d.      cara menutup MS Office PowerPoint  2007
C.      Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Praktikum
3.    Kuis
4.    Demonstrasi
5.      Penugasan
D.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
AWAL
1   Membuka Pelajaran
a.    Guru masuk kelas dan mengkondisikan peserta didik
b.    Memberi salam dan melakukan presensi
c.    Menyampaikan tujuan pembelajaran
d.   memberikan motivasi belajar tentang MS Office PowerPoint  2007
2.    Apersepsi
a.       Menggali kemampuan siswa tentang materi yang akan diajarkan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan. (siswa diberi penguatan)
b.      Guru menerangkan tentang fitur baru yang terdapat pada program aplikasi Microsoft PowerPoint  2007
10 menit
INTI
EKSPLORASI
a.    Siswa secara individual membaca teks mengenai materi terkait yang  terdapat dalam buku teks.
b.    Guru menjelaskan pengantar materi MS Office PowerPoint  2007.
c.    Guru menjelaskan Elemen dasar jendela kerja MS Office PowerPoint  2007
d.   Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan belajar dari berbagai sumber.
e.    Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
f.     Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran

ELABORASI
a.       Diskusi kelompok tentang fungsi dan jenis program presentasi
b.      Mencari visualisasi fungsi menu, tools, icon
c.       Menunjukkan beberapa menu, tools dan icon sesuai dengan fungsinya.
d.      Mendemonstrasikan cara menampilkan menu dan ikon
e.       Mendemonstrasikan cara menyembunyikan menu dan ikon

KONFIRMASI
a.       Guru bertanya jawab mengenai hal-hal yang belum diketahui oleh siswa.
b.      Guru bersama siswa melakukan tanya jawab guna meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
c.       Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
d.      Guru memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
50 menit menit
PENUTUP
a.         Guru melakukan evaluasi
b.        Peserta didik ditugaskan untuk mempelajari mengenai materi yang telah disampaikan
c.         Peserta didik ditugaskan untuk mempelajari mengenai materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
30 menit

Pertemuan 2
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
AWAL
1   Membuka Pelajaran
a.    Guru masuk kelas dan mengkondisikan peserta didik
b.    Memberi salam dan melakukan presensi
c.    Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.    Apersepsi
a.       Menggali kemampuan siswa tentang materi yang akan diajarkan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan. (siswa diberi penguatan)

10 menit
INTI
EKSPLORASI
a.    Siswa secara individual membaca teks mengenai materi terkait yang  terdapat dalam buku teks.
b.    Guru menjelaskan bagaimana cara pengoperasian MS Office PowerPoint  2007 serta elemen-elemen yang ada didalamnya.
c.    Guru menyampaikan informasi mengenai cara menutup MS Office PowerPoint  2007
d.   Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan belajar dari berbagai sumber.
e.    Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
f.     Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran

ELABORASI
a.       Peserta didik mempraktikkan cara mengoperasikan MS Office PowerPoint  2007
b.      Peserta didik mempraktikan cara  menutup MS Office PowerPoint  2007


KONFIRMASI
a.       Guru bertanya jawab mengenai hal-hal yang belum diketahui oleh siswa.
b.      Guru bersama siswa melakukan tanya jawab guna meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
c.       Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
d.      Guru memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
50 menit menit
PENUTUP
a.         Guru melakukan evaluasi
b.        Peserta didik ditugaskan untuk mempelajari mengenai materi yang telah disampaikan
c.         Sebagai tindak lanjut guru memberi tugas untuk mengerjakan tampilan power point sebaik mungkin yang berkaitan dengan KD yang telah dibahas.
30 menit

E.       Alat/ Bahan/ Sumber Bahan

1.    Alat
a.       whiteboard
b.      Spidol
c.       Komputer/ laptop
d.      LCD
2.    Sumber Belajar
a.       Haer Talib. 2010. Panduan Praktis Menguasai Komputer. PT Elex Media Komputindo: Jakarta
b.      Literatur lain (internet)
F.       Penilaian/Evaluasi
a.    Jenis Tes/Penilaian:
1)      Pengamatan kreatifitas siswa dalam menjawab pertanyaan, ketrampilan dalam melakukan praktik MS Office PowerPoint  serta penilaiaan minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas serta proses dari hasil perkembangan pemahaman dan pekerjaan siswa.
2)      Penilaiaan afektif/sikap/non instruksional
3)      Tes formatif tertulis (individu)
4)      Tes formatif praktik (individu)

b.    Pedoman Penilaian
1)      Pedoman Penilaiaan Afektif
No
Kriteria Penilaian
Bobot
1
Siswa aktif saat mengikuti kegiatan KBM
15
2
Siswa berani untuk menjawab soal dari guru dan benar
20
3
Siswa mampu mempraktikkan dan menyelesaikan soal-soal dalam Microsoft Excel
55
4
Siswa memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru
10
Jumlah
100

2)      Pedoman penilaiaan kognitif
Nilai = Skor nilai x 100%  = 100
                            Jumlah skor



Mengetahuai,
Kepala SMA Negeri 2 Tanjungpandan




Ryan Darmawan, M.Pd
NIP. 10406241031
Bangka Belitong, 2 Mei  2012
Guru Komputer II




Ari Nurandhika, M.Pd
NIM. 10402241002


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar